Monday, February 26, 2018

RAHASIA KEMENANGAN UMAT ISLAM (Shalat Subuh Berjamaah)


Jika seorang Muslim mau membaca Al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah, ia akan mengetahui bahwa shalat Subuh sangat mahal nilainya. Bagaimana tidak, dua rakaat shalat sunah sebelum Subuh saja pahalanya lebih baik daripada dunia dan seisinya. Lalu, bagaimana dengan pahala shalat Subuhnya? Tentu memiliki pahala dan ganjaran yang jauh lebih besar.
Perhatikan kisah sahabat Khalid bin Walid yang tidak mau memulai perang kecuali setelah melaksanakan shalat Subuh. Hal itu ia lakukan agar tidak tertinggal shalat Subuh. Ia sangat paham bahwa shalat subuh memiliki keutamaan yang begitu besar bagi umat Islam.
Umar bin Khatab berkata, Sungguh, ikut serta dalam shalat Subuh berjamaah itu  lebih baik bagi saya dari pada shalat malam.
Anas bin Malik selalu menangis manakala ia mengingat penaklukan Tastar. Tastar adalah satu kota benteng di Persia yang dikepung kaum muslimin genap satu tahun setengah, hingga akhirnya ditaklukan kaum muslimin, dan tercapailah kemenangan yang besar. Peperangan ini  tergolong peperangan yang sangat berat yang dirasakan kaum muslimin. Mengapa Anas bin Malik menangis?
Benteng Tastar baru bisa diterobos menjelang Shalat Fajar. Pasukan Islam menerobos masuk benteng, kemudian terjadilah peperangan sengit antara 30.000 pasukan muslimin dengan 150.000 pasukan Persia. Peperangan berlangsung sangat sengit. Pasukan muslimin sempat terdesak. Suasana sangat genting, kritis, dan sangat berbahaya.

  
          Akhirnya dengan karunia Allah kaum muslimin menang. Mereka menang gemilang atas musuh, kemenangan yang tercapai beberapa saat setelah terbit matahari. Saat itu, kaum muslimin baru menyadari di hari yang sangat menakutkan itu, ternyata shalat Subuh sudah lewat!
Dalam kondisi yang begitu rawan, dentingan suara pedang mengintai batang leher, membuat kaum muslimin tidak sanggup melaksanakan Shalat Subuh pada waktunya. Anas pun menangis karena pernah tertinggal shalat Subuh, meski hanya sekali sepanjang hidupnya. Dia menangis, kendati dimaafkan. Pasukan muslimin yang sibuk berperang itu juga dimaafkan. Mereka sibuk dengan jihad yang merupakan puncak Islam, namun yang mereka tinggalkan merupakan sesuatu yang sangat berharga!
Anas berkata, Buat apa Tastar? Sungguh shalat Subuh telah berlalu dariku. Sepanjang usia, aku tidak akan bahagia seandainya dunia diberikan kepadaku sebagai ganti shalat ini!
Dari sini kita tahu rahasia kemenangan mereka.Jika kamu menolong (agama) Allah, maka ia pasti akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Muhammad :7)
Jika ini merupakan salah satu penyebab datangnya kemenangan, maka bagaimana mungkin Allah akan menolong suatu kaum yang melalaikan kewajiban shalat Subuh? Demi Allah, ini tidak akan mungkin terjadi.
Duhai seandainya umat Islam sekarang ini seperti sahabat Anas yang selalu mengoreksi dirinya dalam setiap waktu shalat. Pasti mereka akan mendapatkan kemenangan. 
Sungguh Allah akan menolong orang yang menolong agamanya, sesungguhnya Allah Maha Kuat dan Maha Perkasa.” (Al-Hajj : 40)
Seorang penguasa Yahudi pernah berkata, “Kami baru takut terhadap umat Islam jika mereka telah melaksanakan Shalat Subuh seperti melaksanakan Sholat Jum'at.”
Link Kajian KLIK: https://www.youtube.com/watch?v=dovV48_S5TY



No comments: